Cara Memperbaiki Google Maps Yang Tidak Akurat

Tentu Anda akan merasa terganggu ketika aplikasi Google Maps yang di gunakan untuk mencari lokasi suatu alamat mengalami error dan menampilkan hasil yang tidak akurat. Tapi bukannya mempermudah Anda tapi malah membawa ke jalan yang salah atau keliru. Jangan khawatir, karena ada cara mudah untuk mengatasi Google Maps yang tidak akurat atau mengalami bug.

Sebelum mengetahui cara mengatasi Google Maps yang tidak akurat. Anda perlu cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan sistem navigasi pada aplikasi Google Maps yang mengalami masalah itu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hasil Google Maps tidak akurat, baik faktor eksternal maupun internal.

Faktor eksternal yang menyebabkan hasil Google Maps tidak akurat bisa di sebabkan oleh jaringan internet yang lambat, handphone yang rusak, rooting sistem, atau efek dari bug ROM. Hal-hal tersebut dapat membuat aplikasi Google Maps error dan kurang akurat.  Namun ada juga, beberapa kesalahan konfigurasi dalam pengaturan dan itu bisa menjadi faktor penyebab terjadinya masalah lain.

Lupa mengupdate aplikasi secara berkala juga bisa membuat hasil yang di tampilkan Google Maps menjadi kurang akurat karena sistem dan tampilannya belum di update.

Cara Memperbaiki Google Maps Yang Tidak Akurat

Tentu Anda akan merasa kesal ketika aplikasi Google Maps yang di gunakan untuk mencari lokasi suatu alamat tiba-tiba mengalami error dan menampilkan hasil yang tidak akurat.Hal pertama Anda hanya perlu mencari tahu apa yang jadi penyebab sistem navigasi pada aplikasi Google Maps mengalami kesalahan itu.

Ada beberapa faktor yang jadi penyebab terjadinya kesalahan pada hasil GPS. Baik faktor internal maupun eksternal. Faktor eksternal yang mengakibatkan hasil GPS tidak akurat bisa jadi karena koneksi internet yang lambat. Selain itu juga karena hp rusak, efek bug rom, dan terjadinya root pada sistem.

Hal-hal seperti di atas dapat membuat aplikasi Google Maps error dan tidak akurat. Akan tetapi bukan hanya masalah itu, namun ada juga kesalahan konfigurasi pada pengaturan yang bisa menjadi faktor penyebab terjadinya masalah lain.

Jika Anda lupa memperbarui aplikasi secara berkala juga bisa membuat hasil yang di tampilkan oleh Google Maps menjadi kurang akurat atau salah. Berikutnya setelah Anda sudah mengetahui sumber masalah yang telah menjadi penyebab aplikasi Google Maps tidak akurat, langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

Pastikan Pengaturan Gpsnya Menyala

Pertama untuk mengatasi Google Maps yang tidak akurat adalah dengan melihat setting GPS sudah menyala atau belum. Salah satu hal yang sering di jumpai adalah pengguna lupa mengaktifkan pengaturan GPS.

Apabila Anda lupa atau belum mengaktifkan pengaturan GPS tersebut, sistem navigasi pada aplikasi Google Maps tidak akan bisa mendeteksi lokasi itu dengan akurat. Mengaktifkan GPS adalah suatu keharusan. Pada dasarnya, jika GPS tersebut tidak aktif, aplikasi Maps tidak bisa mendeteksi lokasi secara maksimal dan sempurna.

Biasanya, pengaturan ini terdapat di semua perangkat smartphone Android asalkan mendukung GPS. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan GPS:

  • Buka Pengaturan/Pengaturan/Pengaturan di ponsel Anda
  • Kemudian pilih menu "Lokasi"
  • Jika kolom pencarian tidak ditemukan di halaman utama, maka aktifkan GPS

Pastikan Ponsel Sudah Support Untuk Fitur Gps

Tidak semua smartphone bisa mendukung GPS. Terlebih dahulu Anda harus memastikan dengan mencari tahu spesifikasi lengkap merek dan tipe ponsel yang Anda miliki melalui halaman pencarian Google yang tersedia.

Ini penting untuk Anda lakukan. Sebab, jika perangkat Anda tidak mendukung GPS, maka lokasi yang bisa di tampilkan di aplikasi akan acak. Bahkan jika sudah di atur secara manual sistem di dalam aplikasi tidak akan berubah.

Periksa Koneksi Internet

Selanjutnya cara mengatasi Google Maps yang tidak akurat adalah dengan mengecek jaringan internet yang tersedia. Koneksi Jaringan yang lemot atau tidak stabil juga menjadi salah satu penyebab ketidak akuratan pada aplikasi Google Maps itu.

Jika tidak ada koneksi internet, sistem navigasi GPS tidak akan beroperasi. Pasalnya, tidak akan terhubung dengan satelit yang bisa mendeteksi lokasi Anda.

Meskipun terdapat fitur peta offline, Anda tetap membutuhkan koneksi internet untuk menyimpan peta rute terlebih dahulu. Tapi hanya dengan begitu saja Anda sudah dapat menggunakannya secara offline.

Jika jaringan yang lambat berarti pembaruan lokasi Google Maps juga terlambat dan akan menampilkan data yang tidak akurat.

Aktifkan Dan Nonaktifkan Airplane Mode

Biasanya mode pesawat harus aktif saat kamu sedang naik pesawat atau kamu ingin mematikan sementara data internet. Hal ini bisa menyebabkan koneksi di ponsel langsung reset, termasuk sinyal ponsel dan GPS. Coba aktifkan mode pesawat terlebih dahulu lalu tunggu sekitar 10 detik. Kemudian nonaktifkan lagi.

Sinyal yang terdapat pada perangkat akan terdeteksi kembali. Jika GPS belum aktif, maka aktifkan kembali lalu periksa apakah lokasinya akurat atau tidak.

Perbarui Secara Berkala Aplikasi Google Maps

Anda Perlu tahu, bahwa aplikasi Google Maps selalu mendapatkan update secara berkala. untuk mengupdate rute-rute baru yang mungkin harus muncul di map itu. Maka dari itu, sangat penting untuk rajin mengupdate aplikasi Google Maps Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Google Play Store lalu cari aplikasi Google Maps
  • Klik tombol Perbarui jika tersedia
  • Nah, jika tidak tersedia, ini berarti Anda tidak perlu memperbaruinya

Hapus Cache

Cache sering mengganggu sistem penyimpanan. Sebab, hal itu akan menyebabkan penyimpanan data sistem penuh. Untuk menghindari bug atau kerusakan sistem ini, penting untuk membersihkan cache secara teratur. Agar memori penyimpanan tidak selalu penuh. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan kemudian masuk ke menu Aplikasi
  • Dapatkan aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya
  • Lalu klik Clear Cache di sana

Beberapa merk dan tipe hp memang perlu masuk ke "Storage" sebelum bisa menghapus cache.

Tips Seputar Cara Meningkatkan Akurasi Google Maps

Saat Anda ingin meningkatkan Akurasi Google Maps, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut ini:

  1. Pertama, rata-rata handphone yang mempunyai fitur GPS, yang memiliki tingkat akurasi hingga empat meter lebih di luar ruangan. Namun akurasi ini semakin lemah jika posisi Anda di kelilingi oleh bangunan, pohon, atau jembatan.
  2. Kedua, lingkaran biru yang muncul di sekitar lokasi Anda di Google Maps menandakan tingkat akurasi GPS di ponsel. Semakin kecil area lingkaran biru, semakin akurat lokasi di Google Maps Anda.

Namun menurut Google itu sendiri, fitur GPS di ponsel mempunyai tingkat akurasi hingga sekitar dua puluh meter. Pada ponsel modern, akurasi GPS rata-rata sekitar lima hingga dua puluh meter tergantung situasi.

Besar kecilnya lingkaran atau keakuratan jarak GPS dapat bervariasi tergantung pada sinyal dan kondisi lingkungan. Berbagai solusi ideal dan relevan berhasil di hadirkan oleh pengembang kepada klien dari berbagai kalangan. Di mulai dari perusahaan swasta hingga instansi pemerintah di bidang industri.

Penutup

Jadi begitulah, beberapa cara untuk memperbaiki Google Maps yang tidak akurat. Jadi, jangan bingung jika Google Maps Anda tidak akurat. Anda sudah tahu cara memperbaikinya.