Cara Mengganti DNS Laptop Sesuai Keinginan - DNS merupakan database besar yang berfungsi menyimpan semua IP Address yang digunakan dalam hostname. Ketika laptop/hp/pc yang terkoneksi dengan internet otomatis DNS akan mengikuti DNS dari jaringan tersebut. Mungkin saja Anda ingin membuka situs yang diblokir karena terkoneksi dengan internet yang memblokir situs tersebut maka Anda tidak bisa membuka situs tersebut. Nah, disini pentingnya pengetahuan tentang bagaimana cara mengganti DNS default atau bawaan jaringan.

Tutorial yang saya praktekkan ini menggunakan Laptop dengan sistem operasi Windows 11. Untuk Windows dibawahnya kemungkinan sama untuk cara menggantinya. Baik langsung saja menuju ke tutorialnya.

1. Pastikan Laptop/PC Anda sudah terkoneksi ke Internet

2. Buka Control Panel, kemudian klik menu Network and Internet

3. Klik menu Network and Sharing Center

4. Klik menu (Nama Wifi) pada Connections

5. Akan muncul pop up dengan detail dari koneksi tersebut. Setelah itu klik menu Properties

6. Akan muncul pop up kembali, kemudian klik menu Internet Protocol Version seperti gambar di bawah ini, kemudian klik tombol Properties

7. Setelah itu muncul pop up kembali, Klik pilihan Use the following DNS server addresses kemudian isikan DNS yang Anda inginkan. Disini saya menggunakan DNS dari Cloudflare seperti gambar di bawah ini. Jika sudah diisi silahkan klik tombol OK dan tutup pop up. DNS Anda berhasil diganti.

 

Sekian tutorial singkat yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.