Untuk sekarang ini marka jalan di gunakan untuk menyampaikan berbagai informasi terkait masalah navigasi, keselamatan, dan penegakan hukum kepada pengendara motor maupun mobil.  Proses pengembangan sistem marka jalan juga telah di kerjakan, contohnya adalah salah satu yang melalui terobosan teknologi seperti retroreflection, umur yang lebih panjang, dan biaya pemasangan yang terjangkau.

Rambu-rambu jalan juga dapat di gunakan dalam sistem pusat bantuan pengemudi kendaraan yang lebih canggih. Lalu kemudian kembali ke fungsi utama ada di mobil otonom untuk menentukan kondisi lingkungan jalan yang akan di lewati oleh kendaraan tersebut.

Macam-Macam Marka Jalan yang Bisa Anda Ketahui

Marka jalan adalah perangkat atau benda di permukaan jalan yang mempunyai fungsi memberikan informasi tentang jalan atau kondisi jalan yang akan Anda lewati.

Tanda jalan ini juga dapat di pergunakan pada fasilitas lain yang di terapkan oleh kendaraan untuk parkir  area khusus dengan fungsi berbeda. Marka tersebut di gunakan pada permukaan jalan untuk mengarahkan dan menginformasikan untuk dan pejalan kaki  pengendara.

Keseragaman bentuk merek merupakan faktor paling penting dalam mengurangi terjadinya kerancuan dan keraguan terhadap makna merek tersebut. Ada banyak upaya antar negara untuk membakukan bentuk marka jalan namun terjadi banyak masalah yang membuat hal tersebut tidak terjadi. Meski begitu ada beberapa jenis marka jalan yang sudah baku bahkan sudah di gunakan, berikuit jenis-jenisnya:

Marka Garis Membujur

Ini adalah penanda yang sejajar dengan sumbu jalan. Ada tiga jenis tanda garis membujur, yaitu:

  • Tanda garis membujur lengkap (tidak putus). Pengemudi di larang melintasi rambu ini. Biasanya di pasang di tempat-tempat yang resiko bahaya tinggi, seperti tikungan, tanjakan, turunan, atau tempat keramaian.
  • Tandai garis membujur dari titik tersebut. Pengemudi dapat melewati rambu-rambu tersebut, misalnya untuk berpindah jalur atau menyalip kendaraan lain.
  • Tanda membujur di gabungkan penuh dan putus-putus. Pengemudi di pinggir jalan yang lebih dekat dengan rambu rusak dapat melewati rambu kombinasi. Di sisi lain, pengemudi di pinggir jalan yang mendekati tanda penuh dilarang melintasi tanda kombinasi.

Marka Garis melintang

Ini adalah penanda yang tegak lurus dengan sumbu jalan. Tanda ini di gunakan untuk memperingatkan pengendara agar berhenti atau mengurangi kecepatan. Tanda ini juga di gunakan untuk memperkuat rambu dan lampu lalu lintas. Tanda garis melintang meliputi:

  • Tanda palang masih utuh. Tanda ini memperkuat tanda berhenti dan lampu lalu lintas sebagai tanda berhenti kendaraan. Perlu kamu tahu marka ini juga ada di perlintasan kereta api.
  • Tandai garis horizontal titik tersebut. Rambu ini memperkuat rambu peringatan sebagai rambu batas berhenti untuk memberi kesempatan memberikan prioritas kepada kendaraan lain yang telah ditunjuk oleh rambu tersebut.
  • Tanda BERHENTI segi lima merah. Pengemudi harus berhenti untuk mengamati kondisi persimpangan. Ketika Anda merasa aman, masuklah ke persimpangan.
  • Rambu segitiga dengan rangka merah. Pengemudi harus mengurangi kecepatan (tidak berhenti) untuk memperhatikan kondisi simpang. Kalau dirasa aman, masuk saja ke perempatan.

Marka Miring

Merupakan penanda berupa garis utuh yang tidak termasuk dalam pengertian penanda membujur atau penanda melintang. Ini pada dasarnya mengacu pada area di permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan. marka ini mempunyai 3 aturan yaitu:

  • Setelah ini akan dilakukan pemisahan arus lalu lintas dari satu menjadi dua arus lalu lintas
  • Setelah ini akan dilakukan penggabungan dua arus lalu lintas menjadi satu arus lalu lintas
  • Ada area khusus untuk mobil bermasalah, di tengahnya ada drum berisi air untuk cairan radiator. Tanda ini biasanya ditemukan di jalan raya

Marka Lambang

Ini mengandung arti khusus untuk memberitahu peringatan, perintah, dan larangan untuk melengkapi atau menegaskan maksud yang telah di ungkapkan oleh rambu lalu lintas atau rambu lalu lintas yang lainnya.  Bentuk panah, segitiga, atau tulisan di gunakan untuk mengulang arti rambu lalu lintas atau untuk memberi tahu pengguna jalan yang tidak di tunjuk oleh rambu.

Marka Putih Membujur Ganda Utuh

Marka ini biasanya di gunakan untuk mengatur lalu lintas kendaraan di rute utama di kota-kota besar di suatu negara.Penggunaan jalur ganda yang utuh merupakan tanda bahwa kendaraan dari dua jalur yang sama tidak dapat melewati jalur ganda tersebut.

Artinya, dari sudut manapun pengemudi kendaraan tidak boleh menyalip kendaraan di depannya dan harus tetap berada di jalur utama.

Bentuk-Bentuk Marka

Marka berbentuk peralatan

Rambu-rambu berupa perangkat boleh di pasang atau di tanam di permukaan jalan, memantulkan cahaya atau tidak. Sebagian besar penanda bentuk ini bersifat permanen, namun beberapa dapat di pindahkan.

  • Paku jalan

Warna reflektor paku jalanan di Indonesia, merah di kiri, kuning di tengah, dan putih di kanan. Paku jalan di gunakan untuk mengiringi marka jalan sebagai reflektor pada malam hari.

Ada paku jalan bulat (salah satunya mata kucing), persegi dan persegi panjang. Warna yang di gunakan sebagai bentuk tanda paku jalan di lengkapi reflektor yang bisa berwarna putih, kuning/oranye, hijau, biru dan merah.

  • Perangkat kontrol lalu lintas

Sarana pengarah lalu lintas berupa kerucut lalu lintas. Perangkat kontrol lalu lintas di buat dari plastik atau karet yang di lengkapi dengan reflektor berwarna putih cerah. Kontrol lalu lintas umumnya berwarna oranye, kuning, merah muda, atau merah karena kecerahannya.

  • Barrier

Barrier adalah (pembatas lajur atau pembatas jalan) yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas sementara dan membantu melindungi pengendara, pejalan kaki, dan pekerja dari area yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Pembatas tersebut dapat terbuat dari plastik beton (concrete barrier) atau karet yang di isi air (water barrier).

Markah Berupa Tanda           

  • Berikut ini bahan-bahan markah jalan dapat kamu ketahui yaitu berupa:
  • Cat
  • batu
  • Termoplastik
  • termoplastik yang telah dibentuk sebelumnya
  • Pita polimer yang telah dibentuk sebelumnya
  • epoksi
  • Tanda memanjang

Marka longitudinal adalah marka yang sejajar dengan sumbu jalan. Tanda ini yang di gabungkan dengan garis melintang yang di gunakan untuk membatasi ruang parkir pada jalur lalu lintas kendaraan yang di anggap sebagai marka jalan memanjang atau biasa di sebut longitudinal.

Marka yang termasuk tanda memanjang adalah tanda membujur ialah:

  • utuh
  • berlarian
  • ganda utuh dan bertitik
  • ganda penuh

Yellow Box Junction

Simpang segi empat kuning atau biasa disingkat YBJ biasanya dijumpai di simpang-simpang kota besar. Di Jakarta dan Bandung, jenis jalur ini sudah diterapkan. Tujuan dibuatnya jalur ini adalah agar jalur simpang tidak terhalang saat kondisi jalan sedang padat. Pengemudi kendaran di larang melintas atau bahkan berada di kotak garis kuning tersebut.

Adapun beberapa pengertian marka di jalan raya yang harus Anda ketahui untuk menjamin keselamatan Anda dan pengendara lainnya itu saja. Kontrol penuh kendaraan adalah yang terpenting. Cara itu memudahkan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan dengan baik.

Penutup

Mungkin itu saja penjelasan singkat tentang beberapa macam marka jalan beserta pengertiannya. Namun alangkah baiknya jika Anda melihat garis yang ada di permukaan jalan raya tempat anda berkendara itu. Karena itu penting untuk mencegah beberapa masalah yang tidak Anda inginkan.